MEMAHAMI HADIS
NABI MUHAMMAD SAW
Makalah
Mata Kuliah : Studi Ilmu
Hadis
Dosen Pengampu : Dr. A. Hasan Asy’ari Ulama’I, M.Ag.
Oleh :
‘AINY NUR SYARIFAH
(1800018004)
Bimbingan Penyuluhan Islam
PROGRAM MAGISTER ILMU AGAMA ISLAM
PASCASARJANA
UIN WALISONGO SEMARANG
2018
BAB I
PENDAHULUAN
Di era modern saat ini, peradaban
dan kebudayaan ditandai dengan munculnya teknologi yang serba canggih, mulai
dari sains sampai pada teknologi informatika. Agama Islam, sesungguhnya
mendapatkan ujian berat. Di satu pihak Islam sebagai agama universal
dan diklaim sebagai pengatur selurh aspek kehidupan, sehingga dituntut
untuk selalu relevan dengan kemodernan tersebut. Sementara di pihak lain, Islam
juga dituntut untuk tidak kehilangan jati dirinya sebagai aturan Allah
yang sakral. Untuk itu muncul pertanyaan, memadaikah pendekatan yang selama ini
berkembangdi kalangan ulama atau pemikir untuk memahami Islam, terutama dalam
hal hadis agar senantiasa sejalan dan mampu memberikan penyelesaian
terbaik terhadap persoalan umat manusia yang senantiasa terus berkembang.
Pertanyaan inilah yang mendorong
para pemikir untuk mencari pendekatan-pendekatan untuk memahami Islam dari
sumber hadis (as-sunnah). As-sunnah atau hadis Nabi Muhammad Saw merupakan penafsiran
Al-Qur’an, baik dari hal-hal yang bersifat teoritis ataupun penerapannya secara
praktis. Hal ini mengingat bahwa pribadi Nabi Saw merupakan perwujudan dari
Al-Qur’an yang ditafsirkan untuk manusia, serta ajaran Islam yang dijabarkan
dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, siapa saja yang ingin mengetahui
tentang manhaj (metodologi) praktis Islam dengan segala karakteristik dan
pokok-pokok ajarannya, maka hal itu dapat dipelajari secara rinci dan
teraktualisasikan dalam sunnah Nabawiyah.[1] Meskipun
hadis menduduki fungsi sebagai bayan (penjelas) bagi Al-Qur’an, akan tetapi
dalam memahami sabda Nabi Saw relatif tidaklah mudah. Dibidang hadis, para
muhadditsin telah merumuskan beberapa macam metode kajian hadis dalam upayanya
membumikan pesan Tuhan lewat pernyataan verbal, aktifitas, dan taqrir Nabi Saw.[2]
BAB II
PEMBAHASAN
Kata
“metode” berasal dari bahasa Yunani methodos, yang berarti
cara atau jalan.[3] Dalam
bahasa Inggris, kata ini ditulis method, dan bangsa Arab
menerjemahkannya dengan thariqat dan manhaj. Dalam bahasa Indonesia, kata
tersebut mengandung arti yaitu cara teratur yang digunakan untuk melaksanakan
suatu pekerjaan agar tercapai sesuai dengan yang dikehendaki, cara
kerja yang bersistem untuk memudahkan pelaksanaan suatu kegiatan guna mencapai
tujuan yang ditentukan.[4] Istilah
pemahaman dalam hadis meliputi hal: menjelaskan maksud, arti, kandungan, atau
pesan hadis dan disiplin ilmu lain.[5] Jadi metode pemahaman hadis,
adalah cara-cara yang diterapkan dalam memahami hadis.
Dilihat dari kecenderungan ulama dalam memahami hadis
dapat diklasifikasikan kepada metode pemahaman hadis tradisionalis dan metode
pemahaman hadis modernis. Yang
dimaksud dengan metode pemahaman hadis tradisionalis adalah memahami hadis dengan
pendekatan tekstual, dan kontekstual historis, metode ini dapat dipilah
menjadi metode tahliliy (analitis), metode ijmaliy (global), dan
metode muqarin (komparatif), dan metode mawdhuiy
(tematis).
Metode-metode pemahaman Hadis
1.
Metode Tahlily (Analitis)
a.
Pengertian Metode Tahlily
Metode tahliliy
adalah memahami hadis-hadis Rasulullah saw dengan memaparkan segala
aspek yang terkandung di dalam hadis-hadis yang dipahami serta
menerangkan makna-makna yang tercakup di dalamnya sesuai dengan keahlian dan
kecenderungan pensyarah yang memahami hadis-hadis tersebut.[6]
Dalam menyajikan penjelasan atau komentar, seorang pensyarah hadis mengikuti
sistematika hadis sesuai dengan urutan hadis yang terdapat dalam
sebuah kitab hadis yang dikenal dari al-Kutub al-Sittah atau
kitab hadis lainnya. Pensyarah memulai penjelasannya dari kalimat
demi kalimat, hadis demi hadis secara berurutan, uraian tersebut
menyangkut berbagai aspek yang dikandung hadis seperti kosa kata,
konotasi kalimatnya, latar belakang turunnya hadis (jika ditemukan),
kaitannya dengan hadis lain, dan pendapat-pendapat yang beredar di
sekitar pemahaman hadis tersebut, baik yang berasal dari sahabat,
para tabi’in maupun para ulama hadis.
b.
Ciri- ciri Metode Tahlily
Secara umum kitab-kitab syarah yang menggunakan metode tahliliy
biasanya berbentuk ma’tsur atau ra’yu. Syarah yang
berbentuk ma’tsur (riwayat) ditandai dengan banyaknya dominasi
riwayat-riwayat yang datang dari sahabat, tabi’in atau ulama hadis. Sementara
syarah yang berbentuk ra’yu (pemikiran rasional) banyak didominasi oleh
pemikiran rasional pensyarahnya.
Kitab-kitab syarah yang menggunakan metode tahlily mempunyai
ciri-ciri sebagai berikut :
1)
Pensyarahan yang dilakukan menggunakan pola menjelaskan makna yang
terkandung di dalam hadis secara komprehensif dan menyeluruh.
2)
Dalam pensyarahan, hadis dijelaskan kata demi kata,
kalimat demi kalimat secara berurutan serta tidak terlewatkan juga menerangkan sabab
al wurud dari hadis-hadis yang dipahami jika hadis tersebut
memiliki sabab wurud-nya.
3)
Diuraikan pemahaman-pemahaman yang pernah disampaikan oleh para
sahabat, tabi’ in dan para ahli syarah hadis lainnya dari berbagai
disiplin ilmu.
4)
Dijelaskan juga munasabah (hubungan) antara satu hadis dengan hadis lain.
5)
Selain itu, kadangkala syarah dengan metode ini diwarnai
kecenderungan pensyarah pada salah satu mazhab tertentu, sehingga timbul
berbagai corak pensyarahan, seperti corak fiqhy dan corak lain yang
dikenal dalam bidang pemikiran Islam.[7]
c.
Contoh penerapan Metode Tahlily
Dalam kitab
syarah Fath al-Bâriy bi Syarh Shahih al-Bukhâriyal-‘Asqalâniy memaparkan
sebagai berikut:[8]
حدثنا الحميدي
عبد الله بن الزبير قال حدثنا يحيى بن سعيد الأنصاري قال أخبرنـي محمّدابن إبراهيم
التيمي أنه سمع علقة بن وقاص الليثي يقول سمعت عمر بن الخطاب رضي الله عنه على
الـمنبر قال سمعت رسول الله صلّى الله عليه و سلّم يقول إنّما الأعمال بالنّيات و
إنّما لكلّ امرئ ما نوى فمن كانت هجرته الى دنيا يصيبها أو إلى امرأة ينكحها
فهجرته إلى ما هجر إليه.
قوله حدثنا
(الحميدي (هو أبو بكر(عبد الله بن الزبير) بن عيسى منسوب إلى حميد بن أسامة بطن من
بني أسد بن عبد العزى بن قصي رهط خديجة زوج النّبي صلّى الله عليه و سلّم يجتمع
معها في أسد ويجتمع مع النّبي صلّى الله عليه وسلّم في قصي وهو إمام كبير مصنف
رافق الشافعي في الطلب عن بن عيينة وطبقته و أخذ عنه الفقه و رحل معه إلى مصر ورجع
بعد وفاته ‘لى مكة ‘لى أن مات بها سنة تسع عشرة و مائتين فكأن البخاري امتثل قوله
صلّى الله عليه و سلّم قدموا قريشا فافتتح كتابه بالرواية عن الحميدي لكونه أفقه
قرشي أخذ عنه و له مناسبة أخرى لأنه مكي كشيخه فناسب أن يذكر في أول ترجمة بدء
الوحي لأن ابتداءه كانبمكة ومن ثم ثنى بالرواية عن مالك لأنه شيخ أهل المدينة وهي
تالية لمكة في نزول الوحي و في جميع الفضل و مالك و ابن عيينة قرينان قال الشّافعي
لولاهما لذهب العلم من الحجاز قوله (حدثنا سفيان) هو ابن عيينة بن أبي عمران
الهلالي أبو محمد المكي أصله و مولده الكوفة و قد شارك مالكا في كثير من شيوخه و
عاش بعده عشرين سنة وكان يذكر أنه سمع من سبعين من التّابعين قوله (عن يحي بن
سعيد) حدثنا يحي بن سعيد (الأنصاري) اسم جده قيس بن عمرو و هو صحابي و يحي من صغار
التّابعين و شيخه(محمد بن إبراهيم) بن الحارث بن خالد(التيمي) من أوساط
التّابعين…والله اعلم.
وقد اعترض على
المصنف في إدخاله حديث الأعمال هذا في ترجمة بدء الوحي و أنه لا تعلق له به أصلا
بحيث أن الخطابي في شرخه و الإسماعيلي في مستخرجه أخرجاه قبل الترجمة لاعتقادهما
أنه إنما أورده للتبرك به فقد واستصوب أبو القاسم بن منده صنيع الإسماعيلي في ذلك
وقال بن رشيد لم يقصد البخاري بإراده سوى بيان حسن نيته فيه في هذا التأليف و قد
تكلفت مناسبته للترجمة فقال كل بحسب ماظهر له انتهى و قد قيل إنه أراد أن يقيمه
مقام الخطبة للكتاب لأنه في سياقه أن عمر قاله على المنبر بمحضرة الصحابة فـإذا
صلح أن يكون في خطبة المنبر صلح أن يكون في خطبة الكتاب وحكى الملهب أن النبي صلّى
الله عليه وسلّم خطب به حين قددم المدينة مهاجرا فنـاسب إيراده في بدء الوحي لأن
الأحوال التي كانت قبل لهـجرة كانت كالمقدمة لها لأن بالهجرة افتتح الإذن في قـتال
المشركين ويعقبه النصر والظفر والفتح انتهى وهذا وجه حسن إلا أنني لأم أر ماذكره
من كونـه صلى الله عليه وسلم يقول ياأيها الناس إنـما الأعمال بالنية الحديث ففي
هذا إلى أنه كان في حال الخطبة أما كونه في ابتداء قدومه إلى المدينـة فلم أر
مايدل عليه ولعل قائله استند إلى ماروى في قصة مهاجر أم قيس قال بن دقيق العيد
نقلوا أن رجلا هاجر من مكة إلى المدينة لا يريد بذلك فضيلة الهجرة
وإنما هاجر ليتزوج امرأة تسمى أم قيس فلهذا خص في الحديث ذكر المرأة دون سائر ما
ينوي به انتهى وهذا لو صح لم يستلزم البداءة بذكره أول الهجرة النبويه وقصة مهاجر
أم قيس رواها سعيد بن منصور قال أخبرنا أبو معاوية عن الآعمش عن شقيق عن عبد الله
هو بن مسعود قال من هاجر يبتغي شيئا فإنما له ذلك هاجر رجل ليتزوج امرأة يقال لها
أم قيس فكان يقال له مهاجر أم قيس ورواه الطبراني من طريق أخرى عن الأعمش بلفظ كان
فينا رجل خطب امرأة يقال لها أم قيس فأبت أن تتزوجه حتى يهاجر فهاجر فتزوجها فكنا
نسميه مهاجر أم قيس……
…فزادت على مانقل عمن تقدم كما سيأتي مثال
لذالك في الكلام على حديث بن عمر في غسل الجمعة إن شاءالله تعالى قوله على المنبر
بكسر الميم و اللام للعهد أي منبر المسجد النبوي و وقع في رواية حماد بن زيد عن
يحي في ترك الحيل سمعت عمر يخطب قوله إنما الأعمال بالنيات كذا أورد هنا وهو من
مقابلة الجمع بالجمع أي كل عمل بنيته و قال الخوبي كأنه أشار بذلك إلى أن النية
تتنوع كما تتنوع الأعمال مكن قصد بعمله وجه الله أو تحصيل موعوده أو اتقاء لوعيده
ووقع في معظم الروايات بإفراد النية ووجه أن محل النية القلب وهو متحد فناسب
افرادها بخلاف الأعمال فأنـها متعلقة بالظواهر و هي متعددة فناسب جمعها ولأن النية
ترجع إلى الإخلاص وهو واحد للواحد الذي لا شريك له ووقع في صحيح بنحبان بلفظ
الأعمال بالنيات بحذف إنّما و جمع الأعمال و النيات و هي ما وقع في كتاب الشهاب
للقضاعي و وصله في مسنده كذلك وأنكره أبو موسى المديني كما نقله النووي و أقره و
هو متعقب برواية بن حبان بل و قع في رواية مالك عن يحي الثوري و في الهجرة من
رواية حماد بن زيد و وقع عنده فى النكاه بلفظ العمل بالنية بإفراد كل منهما والنية
بكسر النون و تشديد التحتانية على المشهور و في بعض اللغات بتحفيفها قال الرماني
قوله إنما الأعمال بالنيات هذا التركيب يفيد الحصر عند المحققين و اختلف في وجه
افادتـه فقيل لأن الأعمال جمع محلى بالألف و اللام مفيد للاستغراق و هو ملتزم
للقصر لأن معناه كل عمل بنية فلا عمل الا بنية و قيل لأن إنما للحصر و هل افادتـها
له بالمنطوق أو بالمفهوم أو تفيد الحصر بالوضع أو العرف أو تفيده بالحقيقة أو
المجاز….الى الأخر
… لأن المراد بالأعمال أعمال العبادة و هي
لا تصح من الكافر وإن كان مخاطبا بها معاقبا على تركها ولا يرد العتق و الصدقة
لأنـهما بدليل آخر قوله بالنيات الباء للمصاحبة و يحتمل أن تكون للسببية بمعنى
أنها مقومة للعمل فكأنها سبب في ايجاده و على الأول فهي من نفس العمل فيشترط أن لا
تتخلف عن أوله قال النووي النية القصد و هي عزيمة القلب و تعقبه الكرماني بأن
عزيمة القلب قدر زائد على أصل القصد واختلف الفقهاء هل هي ركن أو شرط والمرجح أن
ايجادها ذكرا في أول العمل ركن واستصحابـها حكما بمعنى أن لايأتي بمناف شرعا شرط و
لابد من محذوف يتعلق به الجار و المجرور فقيل تعتبر و قيل تصح و قبل تحصل و قيل
تستقر.
…قال الطبي كلام الشارع محمول على بيان
الشرع لأن المخاطبين بذلك هم أهل اللسان فكأنـهم خوطبوا بما ليس لهم به علم إلا من
قبل الشارع فيتعين الحمل على مايفيد الحكم الشرعي و قال البيضاوي النية عبارة عن
انبعاث القلب نحو مايراه موافقا لغرض من جلب نفح أو دفع ضر حالا أو مالآ
و الشرع خصصه
بالارادة المتوجهة نحو الفعل لابتغاء رضاء الله وامتثال حكمه و النية في الحديث
محمولة على المعنى اللغوي ليحسن تطبيقه على مابعده و تقسيمه أحوال المهاجر فإنـه
تفصيل لما أجمل….
Dari kutipan syarah di atas dapat diketahui bahwa dalam
menerangkan hadis, pensyarah mengemukakan analisis tentang
periwayat (rawi) sesuai dengan urutan sanad [9] sabab
al-wurud [10]
juga menyajikan hadis atau riwayat lain yang berhubungan
dengan hadis tersebut [11],
bahkan ayat Al-Qur’an yang berkenaan dengan hadis. Pensyarah menggunakan
riwayat dari para ulama. Syarah banyak didominasi oleh pendapat mereka,
sehingga dari uraian yang demikian panjang, pendapat dari pensyarah
hampir-hampir tidak diketemukan. Selain
itu juga, disajikan penjelasan kosa kata yang terdapat didalamnya. Dengan
demikian dapat disimpulkan bahwa meskipun syarah yang memakai metode analitis
ini mengandung uraian yang lebih rinci, namun karena berbentuk al-ma’tsur ,
pendapat dari pensyarah tetap sukar ditemukan. Inilah salah satu ciri utama
yang membedakan secara mencolok dengan Syarh bi-al-ra’yi.
d.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Tahliliy
Kelebihan:
1)
Ruang lingkup pembahasan yang sangat luas.
2)
Metode tahliliy dapat menyakup berbagai aspek: kata,
frasa, klausa, kalimat, sabab al-wurud, munasabah (korelasi internal)
dan lain sebagainya.
3)
Memuat berbagai ide dan gagasan.
Memberikan
kesempatan yang sangat longgar kepada pensyarah untuk menuangkan ide-ide, gagasan-gagasannya
dalam syarah hadis dan juga gagasan lain dikemukakan oleh ulama.
Kekurangan:
1)
Menjadikan petunjuk hadis parsial
Metode tahliliy menjadikan petunjuk hadis bersifat
parsial atau terpecah-pecah, sehingga seolah-olah hadis memberikan pedoman
secara tidak utuh dan tidak konsisten karena syarah yang diberikan
pada hadis lain yang sama karena kurang memperhatikan hadis lain
yang mirip atau sama redaksinya dengannya.
2)
Melahirkan syarah yang subyektif
Dalam metode tahliliy, pensyarah tidak sadar bahwa dia telah
mensyarah hadis secara subyektif[12]
dan tidak mustahil pula ada di antara mereka yang mensyarah hadis sesuai
dengan kemauan pribadinya tanpa mengindahkan kaidah-kaidah atau norma-norma
yang berlaku.[13]
2.
Metode Ijmaliy (Global)
a.
Pengertian Metode Ijmaliy
Metode ijmaliy (global) adalah menjelaskan atau
menerangkan hadis-hadis secara ringkas, tapi dapat merepresentasikan
makna literal hadis dengan bahasa yang mudah dimengerti dan mudah
dibaca.[14]
b.
Ciri-ciri Metode Ijmaliy
Terdapat beberapa ciri-ciri metode ijmaliy diantaranya :
1)
Pensyarah langsung melakukan penjelasan hadis dari awal sampai
akhir tanpa perbandingan dan penetapan judul.
2)
Penjelasan umum dan sangat ringkas.
Pensyarah tidak memiliki ruang untuk mengemukakan pendapat sebanyak-banyaknya.
Namun demikian, penjelasan terhadap hadis-hadis tertentu juga diberikan
agak luas, tetapi tidak seluas metode tahliliy. Namun perlu diingat bahwa
ciri metode ijmaliy ini tidak terleta pada jumlah hadis-hadis yang
disyarahkan, apakah keseluruhan kitab atau sebagian saja. Yang menjadi tolak
ukur adalah pola atau sistematika pembahasan. Selama pensyarah hanya mensyarah
hadis secara singkat maka dapat dikategorikan dalam syarah global.[15]
c.
Contoh Metode
Ijmaliy
Dalam kitab syarah hadis Hasyiyah al-Sindiy dipaparkan
sebagai berikut:[16]
قَوْله ( بِضْع
وَسِتُّونَ إِلَخْ )
الْبِضْع
وَالْبِضْعَة بِكَسْرِ الْبَاء وَحُكِيَ فَتْحهَا الْقِطْعَة مِنْ الشَّيْء وَهُوَ
فِي
الْعَدَد مَا
بَيْن الثَّلَاث إِلَى التِّسْع وَهُوَ الصَّحِيح لِأَنَّهُ قِطْعَة مِنْ الْعَدَد
وَالْمُرَاد
مِنْ الْأَبْوَاب الْخِصَال وَهَذَا كِنَايَة عَنْ الْكَثْرَة فَإِنَّ أَسْمَاء
الْعَدَد كَثِيرًا مَا يَجِيء كَذَلِكَ فَلَا يَرِد أَنَّ الْعَدَد قَدْ جَاءَ فِي
بَيَان الْأَبْوَاب مُخْتَلِف قَوْله ( أَدْنَاهَا )
أَيْ دُونهَا
مِقْدَارًا وَإِمَاطَة الشَّيْء عَنْ الشَّيْء إِزَالَته عَنْهُ وَإِذْهَابه
وَالْمُرَاد بِلَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ مُحَمَّدٌ رَسُولُ اللَّهِ مَجْمُوع
الشَّهَادَتَيْنِ عَنْ صِدْق قَلْب أَوْ الشَّهَادَة بِالتَّوْحِيدِ فَقَطْ لَكِنْ
عَنْ صِدْق
عَلَى أَنَّ الشَّهَادَة بِالرِّسَالَةِ بَاب آخَر قَوْله ( وَالْحَيَاء )
بِالْمَدِّ لُغَة تَغَيُّر وَانْكِسَار يَعْتَرِي الْمُؤْمِن خَوْف مَا يُعَاب
بِهِ وَفِي الشَّرْع خُلُق يَبْعَث عَلَى اِجْتِنَاب الْقَبِيح وَيَمْنَع مِنْ
التَّقْصِير فِي حَقّ ذِي الْحَقّ وَالْمُرَاد هُنَا اِسْتِعْمَال هَذَا الْخُلُق
عَلَى قَاعِدَة الشَّرْع وَقِيلَ الْحَيَاء نَوْعَانِ نَفْسَانِيّ وَإِيمَانِيّ
فَالنَّفْسَانِيّ الْجِبِلِّيّ الَّذِي خَلَقَهُ اللَّه فِي النُّفُوس
كَالْحَيَاءِ
مِنْ كَشْف
الْعَوْرَة وَمُبَاشَرَة الْمَرْأَة بَيْن النَّاس حَتَّى نُفُوس الْكَفَرَة
وَالْإِيمَانِيّ مَا يَمْنَع الشَّخْص مِنْ فِعْل الْقَبِيح بِسَبَبِ الْإِيمَان
كَالزِّنَا وَشُرْب الْخَمْر وَغَيْر ذَلِكَ مِنْ الْقَبَائِح وَهَذَا هُوَ
الْمُرَاد فِي الْحَدِيث وَالشُّعْبَة غُصْن الشَّجَرَة وَفَرْع كُلّ أَصْل
وَالتَّنْكِير فِيهَا لِلتَّعْظِيمِ أَيْ شُعْبَة عَظِيمَة لِأَنَّهُ يَمْنَع
تَمَام الْمَعَاصِي .
d.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Ijmaliy
1)
Kelebihan :
a)
Ringkas dan padat
Metode ini terasa lebih praktis dan singkat sehingga dapat segera
diserap oleh pembacanya. Syarah tidak bertele-tele, sanad dan kritik matan
sangat minim.
b)
Bahasa mudah dipahami
Pensyarah langsung menjelaskan kata atau maksud hadis dengan tidak
mengemukakan ide atau pendapatnya secara pribadi.
2)
Kekurangan :
a)
Menjadikan petunjuk hadis bersifat parsial
Metode ini tidak mendukung pemahaman hadis secara utuh dan dapat
menjadikan petunjuk hadis bersifat parsial tidak terkait satu dengan yang
lain, sehingga hadis yang bersifat umum atau samar tidak dapat diperjelas
dengan hadis yang sifatnya rinci.
b)
Tidak ada ruang untuk mengemukakan analisis yang memadai
Metode ini tidak menyediakan ruangan yang memuaskan berkenaan
dengan wacana pluralitas pemahaman suatu hadis. Namun, inilah ciri khas
metode ijmaliy yang jika pensyarah tidak konsisten dengan pola ini
maka ia otomatis akan keluar dari ranah metode ijmaliy.[17]
3.
Metode Muqarin
(Komparatif)
a.
Pengertian
Metode Muqarin
Metode muqarin adalah metode memahami hadis dengan
cara:
(1) membandingkan hadis yang memiliki redaksi yang sama atau
mirip dalam kasus yang sama atau memiliki redaksi yang berbeda dalam kasus yang
sama.
(2) membandingkan berbagai pendapat ulama syarah dalam
mensyarah hadis.[18]
Jadi metode ini dalam
memahami hadis tidak hanya membandingkan hadis
dengan hadis lain, tetapi juga membandingkan pendapat ulama (pensyarah) dalam
mensyarah hadis.
Diantara kitab syarah hadis yang menggunakan
metode muqarin ini adalah Shahih Muslim bi Syarh
al-Nawawiy karya Imam Nawawiy, Umdah al-Qâriy Syarh Shahih
al-Bukhariy karya Badr al-Din Abu Muhammad Mahmûd al-’Ainiy, dan
lain-lain. Ruang lingkup atau wilayah kajian
dari masing-masing aspek tersebut berbeda-beda.
Ada yang berhubungan dengan kajian redaksi dan kaitannya
dengan konotasi kata atau kalimat yang dikandungnya, dan ada yang menguraikan
berbagai aspek, baik yang menyangkut kandungan (makna) hadis
maupun korelasi antara hadis dengan hadis.[19]
b.
Ciri- ciri
Metode Muqarin
Dari penjelasan diatas dapat diketahui beberapa ciri-ciri metode muqarin
adalah sebagai berikut:
1)
Membandingkan analitis redaksional dan perbandingan periwayat,
serta kandungan makna dari masing-masing hadis yang diperbandingkan.
2)
Membahas perbandingan berbagai hal yang dibicarakan oleh hadis
tersebut.
3)
Perbandingan pendapat para pensyarah mencakup ruang lingkup yang
sangat luas karena uraiannya membicarakan berbagai aspek, baik menyangkut
kandungan (makna) hadîts maupun korelasi (munasabah) antara hadis
dengan hadis.
Jadi, ciri utama metode ini adalah perbandingan, yang mencakup dua
sasaran yakni membandingkan hadis dengan hadis, dan pendapat ulama syarah
dalam mensyarah hadis.[20]
c.
Contoh Metode Muqarin
Diantara kitab yang menggunakan syarh muqârin adalah Umdah al-Qâry
Syarh Shahih al-Bukhâriy karya Badr al-Din Abu Muhammad Mahmud bin Ahmad
al-’Aini, berikut ini adalah syarahnya tentang hadis”إنما الأعمال بالنيات” .22
حدثنا الحميدي
عبد الله بن الزبير قال حدثنا يحيى بن سعيد الأنصاري قال أخبرنـي محمّدابن إبراهيم
التيمي أنه سمع علقة بن وقاص الليثي يقول سمعت عمر بن الخطاب رضي الله عنه على
الـمنبر قال علقمة بن وقاص الليثي يقولسمعت عمر بن الخطاب رضي الله عنه يقول سمعت
رسول الله عليه وسلم يقولإنما الأعمال بالنية وإنما لامرىءما نوى فمن كانت هجرته
إلى الله ورسوله
فهجرته إلى الله
ورسوله ومن كانت هجرتهإلى دنيا يصيبها أو امرأة يتزوجها فهجرته إلى ما هاجر إليه
السادس في بابترك الحيل عنأبي النعمان محمد بن الفضل حدثنا حماد بن زيد عن يحيى عن
محمد عن علقمة قال سمعت عمر يخطب قال سمعت النبي يقول يأيها الناس إنما الأعمال
بالنية وإنما لامرىء ما نوى فمن كانت هجرته إلى الله ورسوله فهجرته إلى الله
ورسوله ومن هاجر
لدنيا يصيبها أو
امرأة يتزوجها فهجرته إلى ما هاجر إليه قد حصل من الطرق المذكورة أربعة ألفاظ
“إنما الأعمال بالنيات” و” الأعمال بالنية” و “العمل بالنية” وادعى النووي في
تلخيصه قلتـهاز والرابع “إنـما الأعمال بالنية” وأورده القضاعي في الشهاب بلفظ
“الأعمال بالنيات” بحذف “إنما” و الحافظ أبو موسى الأصبـهاني: لا يصح
إسنادها,وإقره النووي على ذلك في تلخيصه وغيره,وهو غريب منهما,وهي رواية صحيحة
أخرجها ابن حبان في صحيحه…و أورده الرافعي في شرحه الكبير بلفظ آخر غريب وهو “ليس
للمرء من عمله إلا نواه”….وفي البيهقي في حديث آخر مرفوعا”لا عمل لـمن لا نية
له….لكن اسناده جهالة.
….الأول: احتجت الأئمة الثلاثـة في وجوب
النية في الوضوء والغسل فقالوا: التقدير فيه صحة الأعمال بالنيات والألف و اللام
فيه لاستغراق الجنس,فيدخل فيه جميع الأعمال من الصوم و الصلاة و الزكاة و الوضوء…ومن
الثاني أن النيات إنما تكون مقبولة إذا كانت مقرونـة بالإخلاص انتهي. وذهب أبو
حنيفـة و أبو يوسف و محمد و زفر والنواوي والأوزاعي و الحسن بن حي ومالك في رواية
إلى أن الوضوء لا يحتاج إلى نية,وكذلك الغسل. و زاد الأوزعي و الحسن التيمم.وقال
عطاء ومجاهد: لا يحتاج صيام رمضان إلى نية إلا أنيكون مسافرا أو مريضا…
…الثاني احتجت به أبو حنيفة و مالك وأحمد في
أن من أحرم بالحج في غير أشهر الحج أنه لا ينعقد عمرة لأنـه لم ينوها فإنما له
مانواه,وهو أحد أقوال الشافعي,إلا أن الأئمة الثلاثة قالوا: ينعقد إحرامه بالحج
ولكنـه يكره,ولم يخـتلف قول الشافعي أنـه لا ينعقد بالحج…
…الثالث: احتجت به مالك في اكتفائه بنية
واحدة في أول شهر رمضان.
Syarah diatas diawali dengan
menjelaskan pemakaian mufradat (suku kata), urutan kata, kemiripan
redaksi. Jika yang akan diperbandingkan adalah kemiripan redaksi misalnya, maka
langkah-yang ditempuh dapat disimpulkan sebagai berikut :
1)
Mengidentifikasi dan menghimpun hadis yang redaksinya
bermiripan,
2)
Memperbandingkan antara hadis yang redaksinya mirip, yang
membicarakan satu kasus yang sama, atau dua kasus yang berbeda dalam satu
redaksi yang sama,
3)
Menganalisa perbedaan yang terkandung di dalam berbagai redaksi
yang mirip, baik perbedaan itu mengenai konotasi hadis maupun redaksinya,
seperti berbeda dalam menggunakan kata dan susunannya dalam hadis,
4)
Memperbandingkan antara berbagai pendapat ulama tentang hadis
yang dijadikan objek bahasan.[21]
d.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Muqarin
Kelebihan
:
1)
Memberikan wawasan pemahaman yang relatif lebih luas kepada para
pembaca bila dibandingkan denga metode lain.
2)
Membuka pintu untuk selalu bersikap toleran terhadap pendapat orang
lain yang terkadang jauh berbeda.
3)
Pemahaman dengan metode muqarin sangat berguna bagi mereka yang
ingin mengetahui berbagai pendapat tentang sebuah hadis.
4)
Pensyarah didorong untuk mengkaji berbagai hadis serta
pendapat-pendapat para pensyarah lainnya.
Kekurangan
:
1)
Metode ini tidak relevan bagi pembaca tingkat pemula,
karena pembahasan yang dikemukakan terlalu luas sehingga sulit untuk menentukan
pilihan.
2)
Metode ini tidak dapat diandalkan untuk menjawab permasalah sosial
yang berkembang di tengah masyarakat, karena pensyarah lebih mengedepankan
perbandingan daripada pemecahan masalah.
3)
Metode ini terkesan lebih banyak menelusuri pemahaman yang pernah
diberikan oleh ulama daripada mengemukakan pendapat baru.
Untuk dapat memahami hadis
dengan tepat, kelengkapan ilmu bantu mutlak diperlukan. Berkaitan dengan ilmu
bantu daIam memahami hadis, Yusuf
al-Qardhawiy memberikan beberapa pedoman, yaitu :
1)
Mengetahui petunjuk Al Qur’an yang berkenaan dengan hadis tersebut.
2)
Menghimpun hadis-hadis yang se-tema.
3)
Menggabungkan dan men-tarjih antar hadis-hadis yang
tampak bertentangan.
4)
Mempertimbangkan latar belakang, situasi dan kondisi
ketika hadis diucapkan diperbuat serta tujuaannya.
5)
Mampu membedakan antara sasaran yang berubah-ubah dengan sasaran
yang tetap.
6)
Mampu membedakan antara ungkapan yang bermakna sebenarnya dan
bersifat metafora.
7)
Mampu membedakan antara hadis yang berkenaan dengan alam gaib
dengan yang kasat mata.
8)
Mampu memastikan makna dan konotasi kata-kata dalam hadis.
4.
Metode Maudhu’iy (Tematis)
a.
Pengertian Metode Maudhu’iy
Metode mawdhu’iy adalah memahami hadis dengan cara
menghimpun hadis yang membicarakan tentang topik atau permasalahan yang sama
kemudian memahami hadis tersebut secara tematik. [22]
Meskipun metode ini lebih populer di kalangan ahli tafsir, namun
metode ini juga telah diterapkan untuk memahami hadis-hadis Rasulullah
Saw. Diantara ulama kontemporer yang mengembangkan metode ini adalah Yusuf al-Qardhawiy.
Dalam konteks ini beliau mengatakan bahwa untuk memahami hadis secara
benar kita harus menghimpun semua hadis shahih yang berkaitan
dengan satu tema tertentu, kemudian mengembalikan kandungan
yang mutasyabih kepada yang muhkam, mengaitikan yang
muthlaq dengan muqoyyad dan menafsirkan yang ‘aam dengan yang khas.[23]
b.
Ciri-ciri Metode Maudhu’iy
Bertitik tolak dari pemikiran Yusuf al-Qardhawiy diatas, dapat dipahami
bahwa ciri-ciri metode ini adalah:
1)
Menghimpun hadis-hadis yang membicarakan satu topik atau
permasalahan tertentu.
2)
Memahami makna dari masing-masing hadis.
3)
Memahami hadis secara komprehensif dengan menggunakan
pendekatan tematik.
Dengan
metode maudhu’iy pensyarah berupaya menghimpun hadis-hadis dari kitab-kitab hadis
yang berkaitan dengan persoalan atau topik yang ditetapkan sebelumnya.
Kemudian, membahas dan menganalisis kandungan hadis-hadis tersebut sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh, sehingga menghasilkan
kesimpulan yang mudah dipahami.
c.
Contoh Metode Maudhu’iy
Contoh metode mawdhu’iy oleh al-Qardhawiy[24]
berkenaan dengan larangan memakai sarung sampai bawah mata kaki. Sebagian orang
menjadikan hadis ini sebagai dalil keharusan memendekkan pakaian. Padahal
menurut al-Qardhawiy, jika sejumlah hadis tentang permasalahn ini dikaji,
maka akan diketahui maksud hadis tersebut dan dalam konteks apa ia diucapkan.
d.
Kelebihan dan Kekurangan Metode Maudhu’iy
Kelebihan:
1)
Pembahasan lebih fokus dan mendalam karena objek pemahaman hanya
satu tema tertentu. Contoh: jihad, thaharah, shalat dan sebagainya.
2)
Metode maudhu’iy bisa diterapkan untuk menjawab
problematika umat tentang suatu masalah
3)
Referensi yang lebih luas karena tidak fokus pada satu
kitab matan seperti halnya metode-metode sebelumnya.
Kekurangan:
1)
Melahirkan syarah yang bersifat subjektif jika pensyarah tidak
proporsional dalam menghimpun hadis
BAB III
KESIMPULAN
Dalam metode pemahaman (syarh) hadis, para
ulama menggunakan 4 metode. Diantaranya adalah metode tahliliy (analitis), metode ijmaliy (global), metode muqarin (komparatif) dan
metode maudhu’iy (tematis). Seluruh metode itu mempunyai kelebihan maupun kelemahan
masing-masing yang tentunya hal ini erat kaitannya dengan karakteristik
masing-masing metode. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan, maka tak diragukan
lagi akan muncul metode maupun pendekatan baru untuk memahami hadis,
karena hadis merupakan salah satu sumber pokok hukum Islam kedua setelah
al-Qur’an yang tidak akan lepas dari kajian maupun
penelitian.
DAFTAR PUSTAKA
Abu al- Hasan bin Abu al-
Hâdiy al-Sindiy, Hasyiyah al-Sindiy ‘ala Ibn Majah, ( Maktabah
Shameela,
Ahmad ibn ‘Aliy
ibn Hajar al- ‘Asqalâniy (selanjutnya disebut al-‘Asqalâniy), Fath
al-Bâriy bi Syarh Shahih al-Bukhâry, ( Beirut: Dar al-Ma’rifah, t.th),
jilid I
Ali, Nizar. 2001. Memahami
Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan). Yogyakarta: Center for Educational Studies and Development (CESaD)
YPI Al-Rahmah
Al-Qardhawiy,
Yusuf. 2002. Kaifa Nata’âmal ma’a al-Sunnah al-Nabawiyah. Qahirah:
Dar al-Syuruq
Badr al-Din Abu Muhammad Mahmûd bin Ahmad al-’Ainiy.
1972. Umdah al-Qâriy Syarh Shahih al-Bukhâriy. Aleppo: Mustafa
al-Bâbiy al-Halabiy
Buchari M. 1999. Metode
Pemahaman Hadits, Sebuah Kajian Hermeneutik. Jakarta: Nuansa Madani
Hasan, Fuad dan
Koentjaraningrat. 1997. Beberapa Asas Metodologi Ilmiah. Jakarta:
Gramedia
Qardhawi, Yusuf. 1993.
Kaifa Nata’amul Ma’a as-Sunnah an-Nabawiyah, terj. Muhammad al-Baqir, Bagaimana Memahami Hadis Nabi
saw. Cet.I; Bandung: Karisma
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa KBBI. 2005. Kamus Besar Bahasa
Indonesia. Jakarta: Balai
Pustaka. Cetakan ketiga, edisi III
Umar, Nasaruddin. 2008.
Deradikalisasi pemahaman Al-Qur’an dan Hadis. Cet.I; Jakarta : Rahmat Semesta Center
[1] Yusuf Qardhawi, Kaifa Nata’amul Ma’a as-Sunnah
an-Nabawiyah, terj. Muhammad al-Baqir, Bagaimana Memahami Hadis Nabi saw.
(Cet.I ; Bandung: Karisma, 1993), hlm. 17.
[2] Nasaruddin Umar, Deradikalisasi pemahaman Al-Qur’an
dan Hadis, (Cet.I ; Jakarta : Rahmat Semesta Center, 2008), hlm. 16.
[3] Fuad Hasan dan
Koentjaraningrat, Beberapa Asas Metodologi Ilmiah, dalam Koentjaraningrat
(ed.), Metode-metode Penelitian Masyarakat, (Jakarta:
Gramedia, 1997), hlm.
16.
[4] Tim
Penyusun Kamus Pusat Bahasa KBBI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Cetakan Ke III (Jakarta: Balai
Pustaka, 2005), hlm. 740.
[5]
Nizar Ali, Memahami Hadis Nabi (Metode dan Pendekatan),
(Yogyakarta: Center for Educational Studies and Development (CESaD) YPI
Al-Rahmah, 2001), hlm. 197.
[6] Buchari
M, Metode Pemahaman Hadits, Sebuah Kajian Hermeneutik, (Jakarta:
Nuansa Madani, 1999), hlm. 26.
[8] Ahmad ibn ‘Aliy ibn Hajar al- ‘Asqalâniy (selanjutnya disebut
al-‘Asqalâniy), Fath al-Bâriy bi Syarh Shahih al-Bukhâry, ( Beirut:
Dar al-Ma’rifah, t.th), jilid I, hlm. 10-18.
[9]
Pada contoh diatas al-‘Asqalâniy menguraikan perihal râwi :
قوله حدثنا (الحميدي (هو أبو بكر(عبد الله بن الزبير) بن عيسى منسوب
إلى حميد بن أسامة بطن من بني أسد بن عبد العزى بن قصي رهط خديجة زوج النّبي صلّى
الله عليه و سلّم يجتمع معها في أسد ويجتمع مع النّبي صلّى الله عليه وسلّم في قصي
وهو إمام كبير مصنف رافق الشافعي في الطلب……….
[10]
Sabab al-wurud dari hadîts ini dalam syarah disebutkan:
ولعل قائله استند إلى ماروى في قصة مهاجر أم قيس قال دقيق العيد نقلوا أن
رجلا هاجر من مكة إلى المدينة لا يريد بذلك فضيلة الهجرة وإنما هاجر
ليتزوج امرأة تسمى أم قيس
[11] Ini terlihat pada paparan pensyarah:
…فزادت على مانقل عمن تقدم كما سيأتي مثال
لذالك في الكلام على حديث بن عمر في غسل الجمعة إن شاءالله تعالى قوله على المنبر
بكسر الميم و اللام للعهد أي منبر المسجد النبوي و وقع في رواية حماد بن زيد عن
يحي في ترك الحيل سمعت عمر يخطب قوله إنما الأعمال بالنيات
[12] Hal ini dapat
dilihat dalam syarah hadîts yang bermuatan hukum, dimana
pen-syarah tidak menunjukkan pendapat yang harus dipegang. Ini mengesankan
subjektifitasnua sebagai ulama hadis yang pada dasarnya hanya menyampaikan
sebanyak mungkin informasi tentang hadis-hadis Rasulullah. (Lihat juga Buchari,
Op. Cit, 34)
[16] Abu al- Hasan bin Abu al-
Hâdiy al-Sindiy, Hasyiyah al-Sindiy ‘ala Ibn Majah, ( Maktabah
Shameela,
[21] Pada
syarah diatas pensyarah membandingkan pendapat imam madzhab fiqh mengenai
permasalahan niat dalam ibadah. Dalam Syarh al-Nawawiy perbandingan
ini juga ditemukan:
( لولا أن أشق على المؤمنين أو على أمتى
لأمرتهم بالسواك عند كل صلاة ) فيه دليل على أن السواك ليس بواجب قال الشافعي رحمه
الله تعالى لو كان واجبا لأمرهم به شق أو لم يشق قال جماعات من العلماء من الطوائف
فيه دليل على أن الأمر للوجوب وهو مذهب أكثر الفقهاء وجماعات من المتكلمين وأصحاب
الأصول قالوا وجه الدلالة أنه مسنون بالاتفاق فدل على أن المتروك ايجابه وهذا
الاستدلال يحتاج في تمامه إلى دليل على أن السواك كان مسنونا حالة قوله صلى الله
عليه و سلم لولا أن أشق على أمتى لأمرتهم وقال جماعة أيضا فيه دليل على أن المندوب (Lihat: Al-Nawawiy, Ibid., h.
143)
[22] Badr al-Din Abu
Muhammad Mahmûd bin Ahmad al-’Ainiy (selanjutnya disebut al-‘Ainiy), Umdah
al-Qâriy Syarh Shahih al-Bukhâriy, (Aleppo: Mustafa al-Bâbiy
al-Halabiy,1972), hlm. 24, 33-34.
[24] Lihat Yusuf al-Qardhawiy, Kaifa Nata’âmal ma’a
al-Sunnah al-Nabawiyah, (Qahirah: Dar al-Syuruq, 2002), h. 113-197
Tidak ada komentar:
Posting Komentar